Curriculum Vitae (CV) adalah senjata utama para pencari kerja atau job seeker

Rudi Setiawan

TIPS DAN TRICK DALAM PENULISAN CV

Curriculum Vitae (CV) adalah senjata utama para pencari kerja atau job seeker. Namun banyak sekali pencari kerja (job seeker) yang tidak mampu membuat CV dengan baik, padahal pintu awal untuk masuk ke dunia kerja atau ke perusahaan yang baru adalah CV. Karena yang pertama dilihat oleh para recruiter baik itu dari perusahaan langsung maupun dari agen pencari kerja (manpower agency) adalah CV.

Semakin baik kualitas CV seseorang akan semakin berpeluang untuk dipilih dan dipanggil guna proses selanjutnya. Banyak para pencari kerja yang sebenarnya punya ketrampilan yang bagus dan pengalaman kerja yang cukup banyak tetapi gagal terpilih saat proses seleksi karena tidak mampu membuat CV secara baik atau dengan kata lain CV nya tidak mampu meyakinkan dan menarik para recruiter tersebut.

Lalu bagaimana cara menulis atau membuat CV yang baik ? Berikut dibawah ini akan penulis uraikan hal apa saja yang perlu diperlihatkan atau ditulis serta bagaimana cara yang terbaik dalam menyusun struktur CV.

Hal yang wajib ditulis dalam CV:

- Personal Data (Nama, Alamat, Tempat/Tanggal Lahir)

- General Highlight (Posisi, Total tahun pengalaman kerja, Proyek/bidang yang ditekuni)

- Skill & Knowledge (Ketrampilan dan Pengetahuan yang dimiliki)

- Experience (Jenis pekerjaan/posisi, durasi, nama perusahaan dan tanggung jawab/beban kerja)

- Education & Certification (Gelar, Nama Sekola, Tahun kelulusan, Kursus/Seminar yang dihadiri)

- Reference (Nama orang atau instansi yang bisa dijadikan sebagai referensi)

Struktur dalam CV:

1.Pertama yang harus ditulis dalam CV adalah data pribadi meliputi nama, alamat/nomer telpon/email, tempat tanggal lahir dan status pernikahan jika diperlukan. Untuk lebih menarik lagi bisa pula dipasang photo.

2. General Highlight
Tulis secara general total tahun pengalaman kerja, jenis atau posisi pekerjaan serta bidang pekerjaan apa saja yang telah kita tekuni. Bisa juga ditambahkan visi dan misi kita dalam bekerja.

3. Skill& Knowledge
Menuliskan jenis ketrampilan serta pengetahuan yang dimiliki juga wajib dilakukan dalam pembuatan CV, ini akan menjadi bahan refereensi dari para recruiter untuk melihat apakah ketrampilan dan pengetahuan yang anda miliki sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

4. Experience
Pengalaman kerja harus ditulis dan diuraikan secara jelas dan gamblang, apa saja posisi pekerjaan yang telah anda capai, durasi kerja dari masing-masing posisi, nama perusahaan serta tanggung jawab seperti apa yang dibebankan kepada anda.

5. Education& Certification
Gelar, nama sekolah/universitas serta tahun kelulusan juga wajib untuk dituliskan. Apabila pernah menghadiri seminar, kursus atau training perlu juga untuk ditulis, jenis training/seminar/kursus, nama provider serta tahun diadakannya.

6. Reference
Nama, nomer telpun dan alamat email orang atau instansi yang kita pernah bekerja dengannya atau didalamnya perlu kita tulis sebagai referensi kita. Untuk nama orang bisa atasan kita, rekan sekerja kita yang kira-kira bisa dan mau memberikan referensi untuk kita

Demikian sedikit tips dan trick cara menulis dan membuat sebuah CV yang baik, semoga ada guna dan manfaatnya.

Seoul, 19-01-13
Rudi Setiawan



Ahmad Faizal
Tenkyuu Sooo Matt Mas Rud.., that's very usefull to me..

Eko Prasetyo

Omm Ahmad Faizal mau bikin cv mau buat nglamar siapa lagi 🙈🙈🙈 ehhhh nglamar kmana lagi ????

Budi Ono

Mas Ahmad Faizal arep nglamar dadi direktur mbul Eko Prasetyo

Ahmad Faizal

Positif Knowledge broo..., hehe...
0 komentar


YANG TERKAIT

x IKAPAL | Berita Duka | Lowongan Kerja | KELUARGA IKAPAL | Facebook | Iklan Baris | Ikatan Alumni STM Negeri Perkapalan (STM N Perkapalan Sidoarjo / SMK N 3 Buduran Sidoarjo)

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, BuAYU, GMP, Carteran, FamaGrosir, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO,