Menjadi pekerja freelance itu susah-susah gampang

Rudi Setiawan

TIPS MENJADI PEKERJA LEPAS (FREELANCE)

Seperti kita ketahui hidup itu berisi beragam pilihan, dan tentu saja memilih jenis dan type pekerjaan adalah salah satu diantaranya. Ada yang memilih berwira usaha dan ada pula yang memilih sebagai pegawai/pekerja/karyawan baik negeri ataupun swasta.

Memilih menjadi pekerjapun ada dua type utama yaitu menjadi pekerja permanen dan pekerja contract/freelance.

Dan karena latar belakang penulis adalah pekerja freelance maka disini penulis ingin sekedar share tentang trik dan strategi menjadi pekerja freelance.

Sebagaian orang tentunya kepingin bekerja secara permanen, tetapi tidak sedikit pula yang kepingin menjadi pekerja freelance.

Bekerja secara permanen tentu saja lebih secure dan ada kepastian karir yang jelas apalagi kalo bekerja di perusahaan yang sudah establish systemnya, sedangkan pekerja freelance tentu saja harus bisa menentukan sendiri karirnya.

Menjadi pekerja freelance itu susah-susah gampang, pada awalnya akan teramat susah tetapi secara perlahan-lahan akan menjadi gampang bila kita sudah menemukan trik dan strateginya.

Berikut dibawah ini sedikit tips yang bisa penulis share sebagai bahan referensi:

1. Networking : membina sebuah jaringan itu mutlak diperlukan bila kita ingin sukses dalam berkarir, semakin besar dan banyak jaringan yang kita bina tentu potensi sukses akan menjadi lebih besar. Sebagai pekerja freelance setidaknya ada 3 hal yang perlu dilakukan dalam membina sebuah networking yaitu:

- Join to the professional associations or civic group
- Market yourself to the media (daftarkan CV kita ke online jobseeker, job search, linkedin etc)
- Explore yourself, don’t hide your skills inside the coconut shell
- Keep in touch with contacts that you have made in the past

2. Personal Improvement : selalu mengupgrade skill & knowledge adalah kunci utama untuk bisa survive di dunia kerja, karena semakin hari kompetisi akan semakin ketat dan competitor kita juga semakin banyak. Maka dari itu kita harus menyisihkan waktu dan uang kita untuk belajar dan terus belajar diantaranya:

- Training yang sesuai bidang kerja kita
- Sertifikasi keahlian
- Baca buku
- Gabung dengan milis-milis diskusi
- Sekolah ke jenjang selanjutnya (jika masih punya waktu luang)

3. Prepare for the Next Job : menjelang kontrak kerja kita habis setidak-tidaknya 3 bulan sebelumnya kita harus mulai apply dan mencari pekerjaan baru (jangan menunggu kontrak habis baru mencari) sehingga ketika kontrak kita habis dan tidak ada perpanjangan maka diharapkan kita sudah menemukan pekerjaan baru. Dan ini ada relasinya dengan item no.1 Networking yaitu kita bisa kontak kolega kita atau kita bisa searching di lowongan-lowongan kerja online.

4. Praying : Do’a adalah sebuah kekuatan yang luar biasa, do’a pasti akan di dengar dan dikabulkan oleh Allah SWT asalkan do’a kita positif dan baik. Sebagaimana firman-Nya: ” Berdo’alah kepada-Ku pasti akan Aku kabulkan”. Maka dari itu dengan terus berdo’a dan berdo’a memohon kelancaran jalan karir kita, Insya Allah jalan kesuksesan akan terus terbuka dan terbentang bagi kita semua. Amin

Demikian sedikit tips dan strategi yang bisa penulis sharing kepada rekan-rekan semua, semoga ada guna dan manfaatnya.

Wasalam
Rudi Setiawan
0 komentar


YANG TERKAIT

x IKAPAL | Berita Duka | Lowongan Kerja | KELUARGA IKAPAL | Facebook | Iklan Baris | Ikatan Alumni STM Negeri Perkapalan (STM N Perkapalan Sidoarjo / SMK N 3 Buduran Sidoarjo)

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, BuAYU, GMP, Carteran, FamaGrosir, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO,